Sejarah Program Studi

gedung-fkip-2

Gagasan untuk membuka Program Studi (Prodi) Pendidikan FKIP Unsyiah telah dimulai sejak tahun 1990-an. Namun upaya-upaya konkrit merealisasikan gagasan ini baru dimulai sejak tahun 2001. Upaya ini mendapat dukungan luas dari berbagai pihak, terutama Dekan FKIP, Rektor Unsyiah, dan Pemerintah Daerah Aceh. Dukungan ini dilatari oleh kenyataan bahwa banyak sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Aceh masih kekurangan guru geografi yang berlatarbelakang pendidikan geografi.

Setelah melalui proses hampir lima tahun lebih, akhirnya Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah lahir pada tahun 2007. Kelahiran program studi ini ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1949/D/T/2007, tanggal 13 Mei 2007.

Surat keputusan tersebut berlaku mulai tanggal 19 Juli 2007 sampai dengan 18 Juli 2009, atau selama dua tahun. Berdasarkan surat keputusan tersebut, Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah diberi kesempatan untuk pertama sekali menerima calon mahasiswa baru pada Semester Ganjil 2007/2008.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi yang pertama adalah Drs. Hasmunir, M. Si, sedangkan Sekretaris Program Studi adalah Drs. Syamsul Bardi, M. Si. Staf pengajar pada saat awal masih sangat terbatas, di antaranya Drs. Thamrin K, M. Si dan Drs. A. Wahab Abdi, M. Si, dan dibantu oleh beberapa staf pengajar dari program studi lainnya dari lingkungan FKIP dan dari fakultas lain dalam lingkungan Unsyiah.

Karena sampai dengan tahun 2009, atau masa berlakunya surat izin pendirian program studi berakhir Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah belum juga memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka dikeluarkan pula Surat Keputusan Izin Operasional Nomor 3343/D/T/K-N/2009. Semenjak saat itu Program Studi Pendidikan Geografi mulai dipersiapkan untuk mengajukan akreditasi ke BAN-PT.

Setelah segala persyaratan untuk pengajuan akreditasi terpenuhi, maka pada tahun 2012 Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah mengajukan permohonan akreditasi ke BAN-PT. Pada akhir tahun 2012 datang tim visitasi dari BAN-PT untuk melakukan verifikasi faktual atas permohonan tersebut. Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah mendapat nilai akreditasi B sejak yang berlaku sejak tahun 2013.

 

425 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini