Kurikulum

Struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah terdiri atas 5 kelompok matakuliah. Kelima kelompok matakuliah tersebut adalah (1) Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK); (2) Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB); (3) Matakuliah Umum Universitas Syiah Kuala (USK); (4) Matakuliah Dasar Kependidikan (KDA); dan (5) Kelompok Matakuliah Program Studi (MKBS).

  • Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

MPK merupakan matakuliah yang harus diambil oleh semua mahasiswa Universitas ataupun Institut (Negeri atau Swasta) yang berada di Indonesia. Mata kuliah MPK dimaksudkan sebagai pengarah dalam pembentukan warga Negara Indonesia.

  • Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB)

MBB merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh semua mahasiswa universitas ataupun institut baik negeri maupun swasta yang berada di Indonesia. Mata kuliah MBB dimaksudkan sebagai pengarah dalam pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya. Karena itu mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah juga diwajibkan mengambil MBB ini.

  • Matakuliah Umum Universitas Syiah Kuala (USK)

USK merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh semua mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah muatan Universitas Syiah Kuala, dengan tujuan untuk menanamkan kemampuan berbahasa, penguasaan teknologi dan aplikasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Sebagai bagian dari mahasiswa Unsyiah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi juga diwajibkan mengambil matakuliah USK.

  • Matakuliah Dasar Kependidikan (KDA)

KDA merupakan mata kuliah dasar keguruan dan kependidikan. Matakuliah ini merupakan matakuliah muatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang harus diambil oleh setiap mahasiswa FKIP Unsyiah. Mata kuliah ini bertujuan memberi wawasan tentang pendidikan dan pengajaran kepada mahasiswa FKIP sebagai calon tenaga kependidikan. Karena itu sebagai bagian dari mahasiswa FKIP Unsyiah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi juga diwajibkan mengambil matakuliah KDA.

  • Matakuliah Program Studi (MKBS)

Merupakan matakuliah yang diwajibkan kepada segenap mahasiswa untuk masing-masing Program Studi di lingkungan FKIP Unsyiah. Matakuliah ini merupakan matakuliah bidang keahlian sesuai dengan bidang studi masing-masing. Bagi Program Studi Pendidikan Geografi, matakuliah yang diwajibkan kepada mahasiswa adalah yang berhubungan dengan materi bidang studi geografi, terutama yang dipelajari di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

642 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini